Perjanjian Pengalihan Kontrak

PERJANJIAN PENGALIHAN KONTRAK
(SUBCONTRACT AGREEMENT)

No. ……………….
Perjanjian penyerahan pekerjaan ini (“Perjanjian”) dibuat dan ditandatangani di ……………. pada hari ini, ……………. tanggal …… Januari 2012 oleh dan antara:

I. LA BAGASKARA, SH, MH , dalam hal ini bertindak selaku Direktur Perseroan Komanditer CV. SANG SURYA yang berkedudukan di Balikpapan , beralamat di jalan Sang Surya RT.UV Desa Sawojajar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang didirikan berdasarkan anggaran dasar perseroan sesuai hukum Indonesia, untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

II. …………….. dalam hal ini bertindak selaku ……………………… yang berkedudukan di …………… , beralamat di jalan …………………………………. yang didirikan berdasarkan anggaran dasar perseroan sesuai hukum Indonesia, untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.
PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama untuk selanjutnya disebut sebagai PARA PIHAK.

PARA PIHAK terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut :

a. Bahwa PIHAK PERTAMA adalah suatu perusahaan yang bidang usahanya menyediakan kendaraan rental telah mendapatkan Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor 078/DMC/HRGA/XII/2011 tanggal 31 Desember 2011 dari PT. Semeru Mining Corporation (PEMBERI KERJA ) untuk menyediakan 5 unit kendaraan Mitsubishi Triton Double Cabin.

b. Bahwa PIHAK KEDUA adalah perusahaan/ perorangan yang salah satu usahanya menyediakan kendaraan dengan system sewa kepada pihak membutuhkan.

c. Bahwa PIHAK PERTAMA saat ini karena suatu halangan tidak dapat dengan segera menyediakan 5 unit kendaraan sesuai permintaan PEMBERI KERJA , untuk PIHAK PERTAMA menawarkan untuk menyerahkan pekerjaan huruf a tersebut diatas kepada PIHAK KEDUA.

d. Bahwa PIHAK KEDUA menyatakan setuju untuk menerima penyerahan pekerjaan dari PIHAK PERTAMA.
Berdasarkan hal-hal diatas maka PARA PIHAK setuju dan sepakat untuk saling mengikatkan diri dalam suatu Perjanjian ini dengan ketentuan-ketentuan dan syarat-syarat sebagai berikut :
PASAL 1
PENYERAHAN PEKERJAAN

Terhitung sejak Tanggal Efektif Perjanjian ini, PIHAK PERTAMA menyerahkan kepada PIHAK KEDUA dengan ini PIHAK KEDUA menerima penyerahan pekerjaan penyediaan 5 (lima) unit kendaraan yang spefikasinya sebagaimana ditetapkan dalam Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor 078/DMC/HRGA/XII/2011 tanggal 31 Desember 2011 dari PT. Semeru Mining Corporation (PEMBERI KERJA ) .

PASAL 2
PENGALIHAN HAK DAN KEWAJIBAN

Dengan penyerahan pekerjaan sebagaimana dimaksud dalam perjanjian ini, maka segala hak dan kewajiban PIHAK PERTAMA kepada PEMBERI KERJA menjadi beralih kepada PIHAK KEDUA.
PASAL 3
RUANG LINGKUP PEKERJAAN

1. PIHAK KEDUA wajib menyediakan kendaraan operasional dengan system sewa untuk kepentingan PEMBERI KERJA dengan spesifikasi sebagai berikut :
 Jenis Kendaraan : Mitsubishi Triton GLS D.C M/T Double Cabin
 Tahun Pembuatan : 2011
 Bahan Bakar : Solar
 Jumlah : 5 (lima) unit

2. PIHAK KEDUA wajib menyediakan sopir sebagai operator kendaraan yang telah lulus ujian SIMPER dari PEMBERI KERJA dengan jam kerja 12 jam perhari, apabila melampaui jam kerja maka akan diperhitungan sebagai lembur.

3. PIHAK KEDUA wajib menyediakan perlengkapan kendaraan minimal sebagai berikut :
– Ban standart lapangan (Radial)
– Seat belt, Air conditioner, First aid (P3K), fire exthinguisher (APAR), radio rig.
– Alarm mundur, rotary lamp standart lapangan.
– Switch manual untuk masing – masing fungsi control.
– Bumper, tiang bendera tinggi 4 meter, Bar roof stage sign lamp, rotary
– Besi pelindung kaca belakang
– STNK, KIR, Surat Ijin Operasional.
– Warna Putih, dengan trafick sign light lebar 5 cm sekeliling unit.
– Canopy bertempat duduk yang dilengkapi seat belt.

4. PIHAK KEDUA wajib menyediakan (1) unit kendaraan pengganti dengan spesikasi yang sama dengan kendaraan yang disewakan, apabila kendaraan dalam perbaikan, perawatan rutin atau hal-hal lain yang menyebabkan kendaraan tidak bisa digunakan oleh PEMBERI KERJA .

5. PIHAK KEDUA wajib mengasuransikan kendaraan yang disewakan secara untuk semua risiko (allrisk).

6. PIHAK KEDUA wajib menyerahkan kendaraan sesuai spesifikasi diatas selambat-lambatnya pada tanggal 31 Januari 2012.

PASAL 4
JANGKA WAKTU

1. Perjanjian ini berlaku untuk jangka waktu 24 (dua puluh empat) bulan terhitung sejak Berita Acara Serah Terima Kendaraan kepada PEMBERI KERJA ditandatangani.
2. Jika disepakati oleh PARA PIHAK, perjanjian ini dapat diperpanjang setelah sebelumnya didahului oleh adanya surat permohonan dari salah satu pihak yang telah disetujui oleh pihak lainnya, setidaknya 14 (empat belas) hari sebelum berakhirnya perjanjian ini.

PASAL 5
KOMISI

Sebagai kompensasi atas penyerahan pekerjaan oleh PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA, maka PIHAK KEDUA berkewajiban memberikan Komisi kepada PIHAK PERTAMA sebesar …….% (…………..) persen dari nilai kontrak/ bulan.

PASAL 6
HARGA SEWA

Harga sewa kendaraan perbulannya ditetapkan sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) per unit, sudah termasuk pajak kendaraan, PPH 23, gaji driver dan asuransi kendaraan allrisk.

PASAL 7
CARA PEMBAYARAN

1. Pembayaran sewa kendaraan dari PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA setelah dikurangi komisi PIHAK PERTAMA dilakukan dengan menggunakan mata uang Rupiah paling lambat 7 hari setelah PIHAK PERTAMA menerima Pembayaran dari PEMBERI KERJA .

2. Pembayaran dari PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA yang dimaksud dalam ayat 1 diatas dapat dilakukan dengan cara transfer ke rekening PIHAK KEDUA:
– BANK :
– No. Rekening :
– Atas Nama :

PASAL 8
PAJAK

Setiap pajak yang timbul dari perjanjian ini menjadi tanggung jawab masing-masing PIHAK sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku.

PASAL 9
PENGAKHIRAN PERJANJIAN

1. Tanpa mengurangi pemberlakuan pasal 4 Perjanjian ini, PIHAK PERTAMA memiliki hak sepenuhnya untuk memutuskan perjanjian ini sebelum jangka waktu perjanjian berakhir dengan mengirimkan Surat pemberitahuan pemberhentian kerjasama kepada PIHAK KEDUA selambat-lambatnya 07 (tujuh) hari kalender sebelum tanggal efektif pemberhentian kerjasama.

2. Untuk pengakhiran Perjanjian ini PARA PIHAK menyatakan setuju dan sepakat untuk mengesampingkan ketentuan yang diatur dalam Pasal 1266 dan Pasal 1267 Kitab Undang-undang Hukum Perdata.

3. Pengakhiran Perjanjian tidak mengakibatkan hapusnya kewajiban pembayaran yang timbul sebelum tanggal berakhirnya Perjanjian ini, masing-masing yang mempunyai kewajiban harus menyelesaikannya terlebih dahulu dan masing-masing mengembalikan segala sesuatu yang menjadi milik pihak lain yang digunakan selama Perjanjian ini berlangsung.
PASAL 10
PERSELISIHAN DAN DOMISILI HUKUM

1. Masing-masing pihak akan memberikan peringatan dan/atau teguran baik secara lisan atau tertulis kepada pihak lainnya sehubungan dengan adanya penyimpangan pelaksanaan Perjanjian ini.

2. Semua perselisihan, pertentangan dan perbedaan pendapat yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan Perjanjian ini pada prinsipnya akan diselesaikan oleh PARA PIHAK dengan cara musyawarah dan mufakat.

3. Apabila musyawarah sebagaimana dimaksud dalam ayat 2 diatas tidak tercapai, maka PARA PIHAK setuju dan sepakat untuk menyelesaikannya secara tuntas melalui Pengadilan dan memilih domisili hukum yang tetap dan tidak berubah di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Tanjung Selor.

PASAL 11
KEADAAN MEMAKSA (FORCE MAJEURE)

1. Force Majeure adalah suatu keadaan atau peristiwa-peristiwa yang terjadi karena kehendak Tuhan atau kejadian diluar kekuasaan atau kehendak manusia yang tidak dapat dihindari dengan upaya-upaya sungguh-sungguh yang lazim sehingga menyebabkan terhentinya pelaksanaan Perjanjian ini. Yang dimaksud dengan Force Majeure adalah termasuk akan tetapi tidak terbatas pada perang, penyerbuan oleh negara asing, pemberontakan, revolusi, makar, huru-hara, atau perang saudara, tindakan-tindakan pemerintah dalam rangka menegakkan kedaulatannya dan terjadinya perubahan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tindakan pemerintah Republik Indoneisa yang mempunyai akibat langsung tehadap pelaksanaan Perjanjian ini, gunung meletus, banjir, kebakaran, tanah terbelah dan/atau badai, gelombang besar, atau setiap gerak kekuatan alam yang sewajarnya tidak dapat diperhitungkan atau diperkirakan (unforeseen) oleh pihak yang terkena peristiwa tersebut, pemogokan atau kegaduhan perburuhan yang lain serta peristiwa-peristiwa diluar kekuasaan wajar dari pihak yang pelaksanaan kewajibannya terhambat oleh Force Majeure, kecuali kekurangan dana, dan peristiwa-peristiwa lain yang dapat dihindari atau diatasi secara wajar oleh perhitungan atau perkiraan dan kemampuan yang wajar dari pihak yang terkena.

2. Apabila terjadi peristiwa Force Majeure sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 diatas menimpa salah satu pihak, maka pihak yang terkena peristiwa Force Majeure akan memberitahukan pihak lain secara tertulis dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari sejak terjadinya peristiwa Force Majeure demikian pula sebaliknya, dengan membuktikan bahwa hambatan atau penundaan pelaksanaan kewajiban tertentu yang tercantum dalam Perjanjian ini adalah akibat dari Force Majeure.

3. Segala kerugian yang timbul akibat Force Majeure tersebut merupakan resiko dan beban dari masing-masing pihak dan oleh karenannya PARA PIHAK tidak akan saling menuntut satu sama lain, akan tetapi apabila Force Majeure tersebut berakhir, maka PARA PIHAK setuju dan sepakat untuk melanjutkan kembali semua hak dan kewajiban yang terdapat dalam Perjanjian ini dengan kemungkinan diperpanjang jangka waktu perjanjian ini.

4. Untuk kejadian yang dimaksud ayat 1 diatas, kedua belah pihak tidak dianggap lalai atas kegagalannya untuk melaksanakan Perjanjian ini baik sebagian maupun keseluruhan.

PASAL 12
PENUTUP
Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani dalam rangkap 2 (dua), masing-masing bermaterai cukup, dan mempunyai kekuatan hukum yang sama serta mulai berlaku dan mengikat sejak tanggal ditandatanganinya secara sah oleh kedua belah pihak.

…………………………………..

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA
CV. SANG SURYA

LA BAGASKARA, SH, MH __________________
Direktur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s