Draft Perjanjian Kredit Mobil

PERJANJIAN KREDIT

Perjanjian Kredit ini (berikut perubahan, tambahan dan/atau pembaharuannya, selanjutnya disebut “Perjanjian”) dibuat pada hari ini ____________, tanggal ___________ oleh dan antara :

 

  1. PT.Bank ……………………..,Tbk berkedudukan di Jakarta, dalam hal ini melalui Kantor Cabangnya di Jalan ________________________________________ dan diwakili oleh ______________________________________________________

Selanjutnya disebut BANK.

  1. ______________________________________________________, beralamat di Jalan _________________________________________ yang untuk melakukan tindakan dalam Perjanjian ini telah mendapat persetujuan dari _____________ bernama ______________________ yang turut menandatangani Perjanjian atau sebagaimana terbukti dari Surat Persetujuan yang dilampirkan bersama Perjanjian

Selanjutnya disebut PEMINJAM.

III.                 ______________________________________________________, beralamat di Jalan _________________________________________ yang untuk melakukan tindakan dalam Perjanjian ini telah mendapat persetujuan dari _____________ bernama ______________________ yang turut menandatangani Perjanjian atau sebagaimana terbukti dari Surat Persetujuan yang dilapirkan bersama Perjanjian

Selanjutnya disebut PENJAMIN.

Dalam hal barang yang dijaminkan adalah milik PEMINJAM sendiri maka setiap perkataan PENJAMIN perjanjian ini harus diartikan sebagai PEMINJAM.

BANK dan PEMINJAM telah saling setuju untuk dan dengan ini membuat serta menetapkan Perjanjian ini, dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan sebagai berikut

Pasal 1

FASILITAS KREDIT

Bank menyetujui untuk memberikan fasilitas kredit kepada PEMINJAM berdasarkan Perjanjian ini sampai setinggi-tingginya sebesar Rp._____________ (__________________________________________________________)

Selanjutnya disebut KREDIT

Pasal 2

KUASA MEMOTONG/MENDEBET REKENING

PEMINJAM dengan ini memberi kuasa, kekuasaan dan wewenang penuh kepada BANK  setiap waktu dari waktu yang ditetapkan oleh BANK sendiri khusus untuk mendebet rekening PEMINJAM pada BANK, baik rekening/account giro/rekening tabungan dan/atau rekening/account lain berupa apapun jumlah yang besarnya setiap kali akan ditetapkan sendiri oleh BANK dan menggunakan jumlah uang tersebut untuk membayar dan membayar kembali semua dan setiap jumlah uang yang sekarang telah dan/atau dikemudian hari akan terhutang dan dibayar oleh PEMINJAM kepada BANK berdasarkan perjanjian, media-media penarikan, perjanjian-perjanjian jaminan, baik untuk jumlah pokok, bunga atau lain-lain jumlah uang yang wajib dibayar oleh PEMINJAM kepada BANK.

Pasal 3

PENGGUNAAN KREDIT

Fasilitas kredit sebagaimana tersebut dalam pasal 1 tersebut diatas diberikan oleh BANK kepada PEMINJAM untuk ___________________________________

Pasal 4

PENARIKAN UANG

(1)      Jumlah kredit sebagaimana termaksud dalam pasal 1 tersebut diatas diberikan oleh BANK kepada PEMINJAM secara sekaligus, dan dengan menandatangani Perjanjian ini, PEMINJAM mengakui telah menerima seluruh jumlah kredit tersebut dengan cukup dari BANK dan Perjanjian ini berfungsi sebagai Tanda terima Uang atas jumlah kredit tersebut.

(2)      Dengan ini PEMINJAM menyatakan setuju bahwa media-media penarikan, pembukuan-pembukuan, catatan-catatan serta surat-surat dan dokumen-dokumen lain yang dipegang dan dipelihara oleh BANK juga merupakan bukti yang lengkap dan sempurna dari semua jumlah hutang PEMINJAM kepada BANK berdasarkan Perjanjian dan mengikat terhadap PEMINJAM.

Pasal 5

DENDA DAN BUNGA

  1. Atas jumlah kredit yang terhutang oleh PEMINJAM kepada BANK, PEMINJAM wajib membayar bunga kepada BANK dengan suku bunga sebesar _____ (______persen) pertahun, berdasarkan sistem perhitungan Annuity atau sebesar ________ (________ persen) pertahun apabila perhitungan bunga berdasarkan sistem Add On, namun demikian sistem perhitungan yang berlaku di BANK adalah sistem perhitungan Annuity.
  2. Untuk tiap-tiap hari keterlambatan pembayaran angsuran akan dikenakan denda sebesar ______ (___________) per hari dihitung dari jumlah angsuran  yang  tertunggak atau sekurang-kurangnya Rp.10.000,- (sepuluh ribu rupiah).
  3. Bank berhak dan dengan ini  PEMINJAM memberi kuasa kepada BANK untuk setiap waktu merubah besarnya prosentase denda dan suku bunga sesuai kondisi pasar maupun sistim perhitungan bunga.
  4. Apabila PEMINJAM melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo, maka PEMINJAM akan dikenakan biaya administrasi oleh BANK sesuai dengan ketentuan yang berlaku

di BANK yaitu sebesar ________ (_______) persen dari sisa pokok pinjaman, minimal sebesar Rp.___________ (______________________________________)

  1. Apabila PEMINJAM melunasi sebagian pinjaman, maka PEMINJAM akan dikenakan biaya administrasi oleh BANK sebesar ________ (_______) persen dari

besarnya pelunasan pinjaman, minimal sebesar Rp.___________ (___________________________________________________________________)

Pasal 6

PEMBAYARAN KEMBALI

  1. Pembayaran angsuran pokok berikut bunga atas jumlah kredit yang terhutang oleh PEMINJAM kepada BANK (selanjutnya disebut Angsuran) wajib dilakukan oleh PEMINJAM secara bulanan, dalam _________ kali angsuran, pada setiap tanggal ________ dari bulan kalender, yang dimulai  pada tanggal _________ dengan jumlah setiap angsuran sebesar Rp. ___________ (_________________________________)

(atau berdasarkan suatu tatacara angsuran lainnya yang diatur tersendiri dalam lampiran), kecuali untuk angsuran terakhir Rp.______________ (________________________________________________________) (apabila berbeda)

  1. Jumlah kredit berikut bunga, propisi, denda dan biaya-biaya lainnya yang terhutang oleh PEMINJAM kepada BANK  berdasarkan Perjanjian ini, berikut setiap perubahan dan pembaharuannya wajib dilunasi seluruhnya oleh PEMINJAM kepada BANK, selambat-lambatnya pada tanggal _____________________
  2. BANK berhak untuk mempertimbangkan dapat atau tidaknya dilakukan pelunasan sebagian atau seluruh jumlah kredit yang terhutang termasuk perubahan atau penyesuaian kembali atas fasilitas kredit yang sekarang telah dan/atau  dikemudian hari akan terhutang oleh PEMINJAM, dengan ketentuan bilamana hal tersebut disetujui BANK, PEMINJAM wajib membayar seluruh jumlah kredit yang akan dilunasi berikut bunga, denda dan lainnya yang terhutang yang ditetapkan oleh BANK
  3. Bahwa atas seluruh tagihan tersebut akan diberlakukan sistim otomasi pembayaran dengan prioritas pembayaran, untuk tagihan biaya lainnya, denda keterlambatan pembayaran dan pembayaran angsuran pinjaman (bunga + pokok)

PEMINJAM menyatakan setuju dan sekaligus memberikan kuasa kepada BANK untuk dapat melakukan pendebetan terhadap rekening pinjaman secara sebagian atau keseluruhan berdasarkan dana milik debitur yang telah tersedia pada rekening pinjaman.

  1. PEMINJAM menyatakan setuju bahwa jumlah angsuran pokok berikut bunga yang terjadi sehubungan dengan perubahan suku bunga kredit, pelunasan sebagian, termasuk perubahan dan atau penyesuaian kembali fasilitas kredit yang sekarang dan/atau dikemudian hari akan terhutang oleh PEMINJAM, efektif berlaku sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh BANK.

Pasal 7

PERNYATAAN-PERNYATAAN PEMINJAM

PEMINJAM bersama ini menyatakan dan menjamin bahwa :

  1. KEWENANGAN BERTINDAK. PEMINJAM tidak sedang dan tidak akan dicabut kewenangan bertindaknya menurut hukum : telah mendapat persetujuan dari pasangan kawinnya yaitu turut menandatangani Perjanjian atau berdasarkan  Surat Persetujuan tanggal ________________, dokumen-dokumen mana merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian.
  2. PENYERAHAN DOKUMEN. PEMINJAM telah menyerahkan kepada BANK dokumen yang dimaksud dalam Pasal 7 butir 1  (dalam hal pasangan kawin tidak turut menandatangani Perjanjian) : asli persetujuan pasangan kawin yang ditandatangni diatas meterai.
  3. KEKUATAN PERJANJIAN. Perjanjian dan segala dokumen serta instrument yang timbul sehubungan dan berkaitan dan sebagai akibatnya, adalah sah dan mengikat PEMINJAM serta berlaku sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tercantum di dalamnya. Pembuatan, penyerahan dan pelaksanaan Perjanjian dan dokumen-dokumen lain seperti yang dimaksud diatas tidak melanggar suatu perundang-undangan Negara Republik Indonesia atau Anggaran dasar PEMINJAM atau  perjanjian lain dimana PEMINJAM merupakan pihak didalamnya.
  4. TIDAK ADA TUNTUTAN/SENGKETA. Tidak ada dan tidak akan pernah ada sengketa maupun tuntutan terhadap PEMINJAM maupun barang-barang yang dijadikan jaminan, baik diluar maupun didalam pengadilam atau peradilan maupun juga yang menurut penilaian BANK dapat berakibat buruk/menambah resiko terhadap usaha PEMINJAM pada umumnya dan keadaan keuangan PEMINJAM pada khususnya, selama perjanjian masih berlaku, yang dapat membahayakan BANK atas pemberian kredit.
  5. LAPORAN KEUANGAN. Laporan Keuangan yang telah diaudit oleh Akuntan Publik atau dibuat PEMINJAM sendiri (yang telah dinyatakan sah oleh PEMINJAM)  adalah benar, tepat dan tidak ada kesalahan apapun, dan menunjukkan secara jelas keadaan keuangan PEMINJAM sebenarnya.
  6. PERIJINAN. Setiap ijin, persetujuan atau wewenang yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang dan disyaratkan untuk dan dalam rangka pembuatan, penyerahan dan pelaksanaan perjanjian dan dokumen-dokumen lain yang berhubungan dengan pemberian kredit telah diperoleh PEMINJAM. Ijin-Ijin, persetujuan-persetujuan dan wewenang mana sekarang ini masih berlaku dan akan diperpanjang oleh PEMINJAM, apabila jangka waktu ijin, persetujuan dan/atau wewenang tersebut akan habis, namun seluruh pinjaman belum dibayar lunas oleh PEMINJAM.
  7. PAJAK PEMINJAM tidak mempunyai tunggakan-tunggakan pajak, kecuali yang diperkenankan oleh perundang-undangan.
  8. KEPAILITAN PEMINJAM, PENJAMIN dan/atau PEMBERI JAMINAN tidak sedang dan tidak akan mengajukan permohonan penundaan pembayaran (surseance van betaling) terhadap kredit yang diberikan berdasarkan Perjanjian serta tidak menjadi insolvent serta dinyatakan pailit dan tidak kehilangan haknya untuk mengurus atau mengusai harta bendanya.
  9. REKENING DI BANK, PEMINJAM dengan ini menyatakan bahwa pembayaran gaji atas nama saya dari Perusahaan _____________________________ setiap bulannya dilakukan melalui rekening atas nama saya di BANK, dan dalam hal saya belum memiliki rekening di BANK maka saya akan memindahkan pembayaran gaji atas nama saya dari Perusahaan tersebut diatas yang semula dilakukan melalui bank lain dipindahkan kepada rekening atas nama saya di BANK selambat-lambatnya pada tanggal pinjaman dibukukan,  dan selama fasilitas kredit tersebut diatas masih berjalan, maka saya tidak akan memindahkan pembayaran gaji saya pada rekening atas nama saya di BANK ke bank lain sampai dengan pinjaman atas nama saya dinyatakan lunas oleh BANK.

Pasal 8

KETENTUAN KELALAIAN

Menyimpang dari apa yang ditentukan dalam Pasal 6 ayat 1 dan 2 diatas,  BANK berhak untuk menuntut/menagih pembayaran atas segala sesuatu yang terhutang oleh PEMINJAM kepada BANK berdasarkan Perjanjian ini, berikut perubahan dan pembaharuannya dengan seketika dan sekaligus tanpa somasi/teguran lagi, sehingga suatu peringatan dengan surat juru sita atau surat lainnya yang sejenis tidak diperlukan lagi, termasuk tapi tidak terbatas pada hutang-hutang pokok berikut bunga, denda dan biaya-biaya lainnya dan mengeksekusi jaminan-jaminan yang telah diberikan kepada

BANK dan/atau mengambil setiap tindakan hukum yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, bilamana terjadi salah satu hal atau pristiwa dibawah ini :

  1. Bilamana suatu angsuran atau lain-lain jumlah uang yang terhutang  tidak dibayar lunas pada waktu dan dengan cara sebagaimana ditentukan dalam Perjanjian ini, dalam hal mana lewatnya waktu saja akan memberi bukti yang cukup dan sah bahwa PEMINJAM telah melalaikan kewajibannya.
  2. Bilamana menurut BANK, PENJAMIN dan/atau PEMINJAM lalai memenuhi atau tidak memenuhi syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan lainnya dalam Perjanjian ini, dan/atau yang termaktub dalam perjanjian-perjanjian jaminan lainnya yang dibuat berkenaan dengan perjanjian ini.
  3. Bilamana suatu pernyataan, surat keterangan atau dokumen yang diberikan sehubungan dengan Perjanjian ini dan/atau perubahan, pembahruannya dan/atau perjanjian-perjanjian jaminan ternyata tidak benar atau tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya atau bertentangan terhadap hal-hal yang oleh BANK dianggap penting.
  4. Apabila menurut pertimbangan BANK, keadaan keuangan, bonafiditas dan solvabilitas PEMINJAM mundur sedemikian rupa sehingga tidak dapat membayar hutangnya lagi.
  5. Bilamana PEMINJAM atau PENJAMIN  dan pihak lain berdasarkan Perjanjian ini mengajukan permohonan untuk dinyatakan dalam keadaan pailit atau penundaan pembayaran hutang-hutang (“Surceance van betaling”) kepada instansi yang berwenang atau tidak membayar hutangnya kepada pihak ketiga yang telah dapat ditagih (jatuh waktu) atau karena sebab apapun tidak berhak lagi mengurus dan menguasai kekayaannya atau dinyatakan pailit atau suatu permohonan atau tuntutan untuk kepailitan telah diajukan terhadap PEMINJAM dan/atau PENJAMIN kepada instansi yang berwenang.
  6. Bilamana PEMINJAM atau PENJAMIN meninggal dunia atau dinyatakan berada dibawah pengampuan, (“Onder Curatele Gesteld”)

Bilamana kekayaan PEMINJAM atau PENJAMIN seluruhnya atau sebagian disita  oleh instansi yang berwajib.

  1. Bilamana kekayaan PEMINJAM seluruhnya atau sebagaian disita oleh instansi yang berwajib (tidak terbatas pada barang yang menjadi jaminan atas kredit) untuk pembayaran dan pembayaran kembali hutang PEMINJAM kepada BANK berdasarkan perjanjian.
  2. Apabila PEMINJAM atau PENJAMIN telah lalai atau melanggar sesuatu ketentuan dalam suatu perjanjian lain yang mengenai atau berhubungan  dengan pinjaman uang

atau pemberian kredit dimana PEMINJAM atau PENJAMIN adalah sebagai pihak yang meminjam atau menanggung/menjamin (borg) dan bilamana kelalaian/atau pelanggaran tersebut mengakibatkan atau memberikan hak kepada pihak lain dalam perjanjian tersebut untuk menyatakan bahwa hutang atau kredit yang diberikan dalam perjanjian tersebut menjadi harus dibayar atau dibayar kembali dengan seketika dan sekaligus sebelum tanggal jatuh waktu pembayaran yang telah ditentukan.

Pasal 9

PELEPASAN HAK

(1)       Kewajiban PEMINJAM untuk membayar kembali hutangnya kepada BANK berdasarkan perjanjian ini atau setiap perjanjian lain yang berhubungan, wajib dipenuhi oleh PEMINJAM tanpa PEMINJAM berhak untuk memperhitungkannnya (kompensasi) dengan tagihan PEMINJAM terhadap BANK (bila ada) dan tanpa hak untuk menuntut suatu pembayaran lain (counter claim)

(2)       PEMINJAM menyetujui bahwa tagihan tersebut (bila ada) tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak membayar atau menuntut kembali atau melakukan pengurangan pembayaran atau untuk diperhitungkan atau dikompensasikan dengan pembayaran atau pemenuhan kewajiban-kewajiban PEMINJAM kepada BANK  berdasarkan perjanjian ini atau berdasarkan perjanjian-perjanjian lain yang disebut dalam perjanjian.

PEMINJAM dengan ini melepasakan semua haknya seperti disebut dalam pasal 1425 sampai dengan 1429 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

Pasal 10

JAMINAN KREDIT

(1) Untuk menjamin lebih lanjut pembayaran kembali dengan tertib dan secara sebagaimana mestinya setiap dan semua jumlah uang yang karena sebab apapun juga terhutang dan wajib dibayar oleh PEMINJAM kepada BANK baik saat ini maupun dikemudian hari baik berdasarkan  Perjanjian maupun perjanjian-perjanjian lainnya maka PENJAMIN dengan ini menyerahkan kepada BANK jaminan (-jaminan) yang pengalihan hak kepemilikannya dibuktikan dengan dokumen atau perjanjian-perjanjian yang dibuat dalam bentuk, jumlah dan isi yang memuaskan BANK termasuk tapi tidak terbatas pada hal-hal sebagai berikut, beserta segala perubahan, tambahan dan/atau penggantinya yang diuraikan dalam perjanjian terpisah namun merupakan kesatuan dari Perjanjian, yaitu berupa : (masukkan obyek jaminan mobil)

________________________________________________________

( 2 )Bank berhak dan berwenang, setiap saat, menjalankan hak dan wewenangnya atas jaminan yang disebut pada ketentuan-ketentuan diatas.

Pasal 11

KETENTUAN PENUTUP

(1)    Semua dan setiap kuasa yang diberikan oleh PENJAMIN dan/atau PEMINJAM kepada BANK berdasarkan perjanjian ini merupakan bagian yang terpenting dan tidak dapat dipisahkan dari perjanjian ini, yang tanpa adanya kuasa-kuasa itu perjanjian ini tidak akan dibuat dan dengan demikian maka kuasa-kuasa tersebut tidak dapat ditarik kembali dan juga tidak akan berakhir karena sebab-sebab apapun juga, termasuk tetapi  tidak terbatas pada sebab-sebab yang termaktub dalam pasal 1813 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia, selama masih ada kewajiban PEMINJAM yang terhutang terhadap BANK dan setiap kuasa tersebut diberikan dengan hak substitusi atau hak untuk mengalihkan kuasa.

(2)    Perjanjian ini berlaku dan mengikat terhadap BANK, PEMINJAM dan/atau PENJAMIN dan tidak dapat diubah, diperbaharui kecuali dengan suatu perjanjian perubahan atau pembaharuan yang ditandatangani oleh para pihak dalam Perjanjian ini.

(3)    BANK berhak untuk mengalihkan sebagian atau seluruh hak dan kewajibannya yang timbul sehubungan dengan Perjanjian ini, berikut setiap perubahan atau pembaharuannya kepada pihak lain tanpa persetujuan terlebih dahulu dari PEMINJAM, sedangkan PEMINJAM tidak dapat mengalihkan segal hak dan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini berikut setiap perubahan atau pembaharuannya kepada pihak lainnya tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari BANK

(4)    Apabila karena satu dan lain hal biaya-biaya yang timbul sehubungan perjanjian ini dibayarkan lebih dahulu oleh BANK, maka PEMINJAM dan/atau PENJAMIN mengakui biaya-biaya tersebut sebagai hutangnya yang wajib melunasinya kepada BANK kecuali diatur lain dalam perjanjian ini.

(5)    Perjanjian ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan terhadap semua perjanjian-perjanjian lainnya yang telah ditanda tangani PEMINJAM kepada BANK.

(6)    Mengenai perjanjian ini PEMINJAM dan/atau PENJAMIN dengan ini melepaskan ketentuan pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

(7)    Mengenai perjanjian ini dan segala akibatnya para pihak memilih tempat kedudukan hukum yang tetap dan seumumnya di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri __________________ di ________________________________

Namun tidak mengurangi hak dan wewenang BANK untuk memohon pelaksaan (eksekusi) atau mengajukan tuntutan/gugatan hukum terhadap PEMINJAM dan/atau PENJAMIN berdasarkan Perjanjian ini dimuka pengadilan lain dalam wilayah Republik Indonesia.

 

BANK                                                                                         PEMINJAM

PT.BANK …………………….,TBK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s