Uji Coba Pertama Mitsubishi Strada Triton

Satu hal yang sangat kami nantikan dari Mitsubishi Strada Tri­ton generasi anyar ini adalah sistem pengolah dayanya. Di Thailand, versi diesel anyar dengan kode 4N15 telah digunakan. Ia diklaim lebih bertenaga berkat aplikasi katup varia­bel MIVEC dan suntikan geometry turbo plus intercooler.

Klaim Mitsubishi Thailand, tenaganya mencapai 181 dk di 3.500 rpm dan torsi 430 Nm di 2.500 rpm. Artinya lebih besar dari versi Indonesia. Sayang, begitu kap mesin tipe Exceed ini kami buka, ia masih menyandang mesin lawas.

Ya, ia masih mengguna­kan unit 4D56. Berdasarkan data Strada Triton Exceed Hi-Power lawas, unit 2.477 cc 4-silinder common-rail ini sudah disokong turbo variabel sehingga mampu menghasilkan tenaga 178 dk di 4.000 rpm dan torsi flat 350 Nm di 1.800-3.500 rpm. Pun dengan transmisi yang masih 5-speed dengan penggerak 4×4.

Meski begitu, kami tetap merasakan dorongan torsi dahsyat saat start. Pun de­ngan tingkah blow-off valve saat melepas tekanan berlebih di turbo. Inilah sensasi sesungguhnya dari mesin diesel turbo. Mestinya, data tesnya tidak akan jauh beda.

Rasa berkendara yang disajikan juga mirip. Suspensi depan empuk menjadi trademark Strada Triton. Namun per daun di belakang mau tidak mau mengurangi kadar kenyamanan. Termasuk potensi limbung besar dan radius putar yang menyita lahan. Ya, itulah kodrat sebuah mobil pikap.

Mesin boleh sama, tapi ubahan desain luar dan dalamnya cukup banyak. Walau hanya per panel, tapi bisa mengubah tampilannya yang kalem menjadi lebih bergaya.

Bisa langsung terlihat pada desain gril yang benar-benar beda. Alur desain serupa terus berlanjut ke sepasang lampu depan dengan pola lebih segar. Sentuhan juga terlihat pada pola desain kap mesin yang lebih menonjolkan garis bahu sehingga berkesan lebih kokoh.

Tak lengkap bila bumper dibiarkan begitu saja. Tidak banyak lekukan tebal dan foglamp dipindah ke tengah menyatu dengan lubang udara besar. Di sini ia justru tampak lebih santun.

Di samping, tidak ada lagi side skirt membuatnya tampil lebih rapi dan minimalis. Sentuhan juga terdeteksi pada redesain pelek alloy.

Ke belakang, panel di samping bak dibuat lebih tirus sehingga membuatnya tampak lebih atletis. Begitu pula desain lampu belakang yang lebih konvensional namun relatif pas dengan tongkrongannya. Bumper belakang diganti satu set, dengan pola desain tirus dan menyudut, membuatnya tampak lebih gesit dan lincah.

Ubahan cukup besar ter­deteksi juga pada dasbor. Layoutnya lebih rapi dari model lama dan meningkatkan level kemewahan Strada Triton. Desainnya memberi aroma segar dan modern pada mobil pekerja. Tidak ada lagi MID di tengah dasbor yang memberi kesan menumpuk. Head unit terintegrasi dan kontrol AC climate control menambah kesan mahal.

Area seputar tuas transmisi terasa lebih lega lantaran tuas selektor 4WD pindah ke sisi rem parkir dan menjelma sebagai ke­nop putar. Sistemnya membuat proses mengganti sistem penggerak dari 2WD, 4WD High, dan 4WD Low terasa lebih praktis. Meski untuk loyalis medan lumpur, mereka lebih suka model tuas mekanis yang lebih ‘bandel’.

sumber : autobild

Informasi lebih lanjut hubungi :
Yanto, Sales Spv.
HP. 0811531058,085247659988
PIN BB : 5230254D
Email : yanto.mbsblpp@gmail.com

This entry was posted in Mitsubishi Strada Triton and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s