Profil Mitsubishi Pajero Sport

Turunan sejati dari semangat dan darah Dakar Rally

Saat launching Pajero Sport di Indonesia, Kozo Shiraji, Senior Vice President, Motor Vehicle Business Division, Mitsubishi Corporation Jepang menegaskan bahwa Pajero Sport adalah turunan sejati dari semangat dan darah Dakar Rally.

“Feedback yang kami dapatkan dari Rally tidak hanya terbatas pada kecepatan dan durabilitas. Dalam upaya mempertahankan dan memenangkan tahapan-tahapan rally yang panjang, kendaraan juga harus nyaman dan aman, selain benar-benar kuat,” tegasnya.

Berangkat dari ucapan tadi mari kita lihat apa yang Pajero Sport ini punya. Dari performa mesinnya, kenyamanan interiornya, fitur-fitur keamanannya dan unsur kekuatannya yang diyakini mampu mengimbangi performa sekaligus melindungi para penumpang.

Performa
Pajero Sport ini mengusung mesin 2500cc DOHC DI-D Common Rail (low pressure) dan sudah dilengkapi intercooler turbocharger. Mesin ini setara dengan Toyota Fortuner yang sama-sama menggunakan mesin 2500cc, namun urusan tenaga mesin Pajero Sport di klaim lebih bertenaga. Max powernya mencapai 136 ps dengan torsi maksimum hingga 32 kgm.

Mesin diesel 2500cc dengan transmisi automatic

Tenaga sebesar itu di transfer dengan transmisi INVECS-II 4-speed AT dengan Sport Mode untuk tipe Exceed dan 5-speed MT untuk tipe GLX. Sistem INVECS-II adalah sistem yang sama dengan yang dipakai sedan sport Lancer. Bedanya bila pada Lancer 5 kecepatan, di Pajero Sport ini hanya 4 percepatan.

Kekuatan
Bicara kekuatan pastinya bicara kaki-kaki di medan rally. Berangkat dari balap paling sadis di dunia ini Mitsubishi memilih suspensi depan menggunakan double-independent wishbone dengan coil springs dan stabilizer bar. Dan suspensi belakang menggunakan 3 link coil spring dengan stabilizer.

Selain kuat sistem suspensi ini mampu memberikan stabilitas dan kenyamanan bagi penumpang dikondisi jalan normal maupun off road. Kekuatan yang lain bisa dilihat dari konstruksi ladder frame, RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body dengan Extra-strong body construction yang diklaim lebih kuat sekaligus aman & efektif melindungi penumpang saat terjadi accident.

Keamanan
Urusan keamanan juga nomor satu. Dual SRS Airbags jadi standar utama mobil ini. ABS (Antilock Braking System) yang dilengkapi dengan EBD (Electronic Brake Force) juga terpasang untuk mengurangi jarak pengereman. Dipadu sistem pengereman bagian depan menggunakan 16” ventilated disc dan bagian belakang menggunakan 11.6” leading and trailing drum.

Pelek ring 17″ dan head lamp proyektor halogen

Safety sampai ke hal-hal kecil juga diperhatikan. Misalnya seatbelt dipilih tipe ELR (Emergency Locking Reactor) untuk menahan penumpang saat terjadi pengereman mendadak. Stir kemudi juga fleksibel bisa terlepas secara otomoatis dan tuas rem juga otomatis terlipat ketika terjadi kecelakaan.

Tujuannya agar mampu mengurangi cidera akibat tumbukan pengemudi dan setir atau kaki terjepit diantara tuas rem. Batang penahan di sisi pintu juga diciptakan untuk membantu melindungi penumpang saat terjadi tumbukan dari samping.

Kenyamanan
Performa mantap, struktur bodi dan kaki-kaki kuat ditambah fitur keamanan lengkap. Tapi semua ini jadi sia-sia kalau ternyata kurang nyaman untuk dikendarai. Namun Mitsubishi menjamin mobil ini tetap nyaman dengan sentuhan interior Pajero Sport yang lapang dan mewah

Paduan balutan kulit warna beige serta wooden print panel menghiasi ruang kabin Pajero Sport tipe Exceed. Saat masuk di dalamnya dan mencoba duduk di bangku sopir pandangan mata langsung disodorkan pada Back-lit meters dengan tampilan yang mewah dan jelas dilihat serta Multi mode meter memberi berbagai informasi yang dibutuhkan pengemudi.
Asiknya di setir kemudi juga sudah dilengkapi audio switch yang memberi kemudahan dalam mengontrol sistem audio. Kenyaman berkendara juga di dukung oleh konstruksi suspensi yang sudah di jelaskan di atas. Dengan sistem suspense ini kenyamanan bagi penumpang dikondisi jalan normal maupun off road tetap terjaga.

Spesifikasi :
Engine type : 4D56 2.5L DI-D DOHC Common Rail Turbocharged & Intercooler (4 cylinder in line)
Bore x stroke : 91,1mm x 95mm
Displacement : 2.477cc
Compression Ratio : 1:17
Max Power : 136ps/3500rpm
Max Torque : 32kgm/2000rpm
Fuel type : Diesel
Fuel system : Common Rail (low pressure) direct injection

sumber: otomotifnet

This entry was posted in Mitsubishi Pajero Sport and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s