Ketika Mitsubishi Triton HD-X di Tangan Pereli Legendaris Dakar

KALIMANTAN TIMUR, merupakan pasar tersendiri bagi produk-produk Mitsubishi terutama di segmen pikap berpenggerak 4×4. Sasisnya yang kuat, dan kemampuannya melintas di medan berat serta jaminan layanan purna jualnya, merupakan faktor-faktor penting yang membuat kendaraan ini begitu digemari.

Karena pentingnya pasar di wilayah ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengundang pereli Dakar legendaris dunia Hiroshi Masuoka pada acara Strada Triton Driving Experience With Mr Hiroshi Masuoka di Bhumi Nirwana Indah, Balikpapan. Kalimantan Timur pada 15-16 Juni 2011.

Kali ini yang menjadi ‘korban’ kepiawaian Masuoka adalah Strada Triton HD-X. Varian yang belum lama diluncurkan oleh KTB dengan banderol harga Rp268 juta. Menurut Operating Marketing Director KTB Eiichi Koito, varian Triton HD-X merupakan hasil pengembangan para insinyur dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang yang spesifikasinya dibuat khusus untuk kondisi medan di Kalimantan Timur.

Menurutnya, Mitsubishi telah melakukan beberapa penyempurnan di antaranya pada bagian kaki-kaki dan sasis agar Triton HD-X lebih tangguh namun tetap nyaman digunakan di medan off-road seperti di Kalimantan Timur.

“Kami telah mengganti perangkat pegas daun Triton HD-X dengan karakter yang lebih lembut dan mengganti komponen peredamnya dengan yang lebih kuat,” ujar Eiichi Koito, saat membuka acara Strada Triton Driving Experience, Rabu (15/6).

Koito memaparkan, dengan formulasi yang diterapkan tadi, membuat Triton HD-X ini ini lebih stabil dan nyaman saat diajak ke medan off-road. Hal ini dibuktikan saat mediaindonesia.com mendapat giliran menjadi penumpang di Mitsubishi Strada Triton HD-X yang dikemudikan oleh jawara Dakar Rally, Hiroshi Masuoka.

Dengan mengenakan baju balap, balaclava dan helm beserta berbagai atributnya, Masuoka dengan ramah menyambut kedatangan kami sebagai penumpang. Kami pun sibuk mengencangkan helm dan sabuk keselamatan karena kami tahu betul ia tidak akan menjalankan kendaraan ini dengan santai, meskipun medan brutal menanti dihadapan kami.

Benar saja, begitu bendera start dikibarkan, bongkahan tanah lempung yang terselip pada ban sontak beterbangan di bagian sisi dan belakang kendaraan yang kami tumpangi akibat gaya sentrifugal. Triton HD-X pun melesat menuju tikungan pertama.

Usianya yang tidak lagi muda, tidak membuat Masuoka kehilangan kelincahannya. Pria kelahiran 13 Maret 1960 ini nampak sangat santai mengendalikan kendaraan double cabin berpenggerak empat roda ini. Janji panitia, putaran pertama dari dua lap yang diberikan kepada para jurnalis adalah pengenalan medan. Lap kedua, baru aksi yang sesungguhnya.

Namun janji tinggal janji. Mulai putaran pertama saja kendaraan tidak bisa disebut pelan. Atau mungkin memang begini cara Masuoka mengenali medan?

Masuk ke lap kedua, Masuoka membenamkan pedal akselerator kendaraan bermesin diesel 4M40 berkapasitas 2.8 liter bertenaga 97 PS ini lebih dalam, keempat roda Triton HD-X pun semakin beringas menggaruk medan tanah lempung becek berwarna kapucino kekuningant. Sesekali kami merasakan ban sempat lepas landas dari tanah.

Kami tidak heran jika Hiroshi Masuoka dianggap sang legenda yang menyatu bersama Mitsubishi. Berbagai gerakan manuver kendaraan yang liar, dengan mudah ia koreksi semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan gerakan kendaraan yang dianggap ‘liar’ bagi sebagian pengemudi, justru ia manfaatkan untuk menghemat waktu saat melibas tikungan.

Contohnya ketika ia melakukan berbagai manuver yang membuat seolah kendaraan dikendalikan menggunakan roda belakang. Dengan penempatan akurat, bokong HD-X bergeser kesamping yang dampaknya mampu mempertajam sudut belok dan membuat gerakan pada roda kemudi semakin efisien.

Usai menyelesaikan dua putaran lintasan off-road buatan itu ternyata cukup membuktikan karakter suspensi HD-X yang sangat unik, persis seperti apa yang sebelumnya dipaparkan oleh Eiichi Koito.

Berkat karakter pegasnya yang lembut, permukaan tanah bergelombang, hanya membuat bodi kendaraan menggelinjang. Namun ketika melibas medan brutal, perpaduan pegasnya yang lentur dan shock absorber berkarakter keras mampu meredam guncangan tanpa menyisakan efek ‘memantul’. Alhasil, HD-X relatif nyaman di medan berat seperti di kawasan Kalimantan Timur yang sebagian besar dikuasai usaha pertambangan.

Kendaraan yang dibekali mesin dengan kekuatan puntir sebesar 198 Nm (20,2 kg-m) pada putaran mesin antara 1.800 – 2.000 rpm ini, dipersenjatai fitur Easy Select 4WD Shift on the fly sehingga pengoperasian fitur all-wheel-drive tidak perlu harus menghentikan kendaraan. (OL-07)

Informasi Penjualan :
PT. MANDAU BERLIAN SEJATI
Mitsubishi Authorized Dealer Wil. Kaltim
Jl. MT. Haryono- Ringroad, Balikpapan
Telp : 0542– 875479
Fax. : 0542-878786

Contact Person:
Yanto
Mobile: 0811531058, 085247659988
Flexi : 0542-7144179
Email : yanto.mbsblpp@gmail.com

This entry was posted in Berita, Mitsubishi Strada Triton and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s